LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KASIHAN (SMKI YOGYAKARTA)

DIAH MARGARETHA TIOFANY, DIAH MARGARETHA TIOFANY (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KASIHAN (SMKI YOGYAKARTA). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu Dyah Margaretha Tiofany.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2015 berlokasi di SMK N 1 Kasihan dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Juli - 12 September 2015. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib di tempuh oleh Mahasiswa semua jurusan sebagai salah satu syarat menyelesaikan masa studinya dan untuk tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelum kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini berjalan di lokasi PPL semua mahasiswa wajib mengikuti mata kuliah Micro Teaching, kuliah ini termasuk proses pembelajaran yang terdapat di dalamnya tahapan untuk memulai kegiatan dan bahan mengajar oleh calon guru. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dikembangkan oleh semua jurusan ataupun fakultas dan dikembangkan oleh dasar kurikulum untuk mengembangkan potensi dan keterampilan mengajar mahasiswa kependidikan di sekolah yang telah ditunjuk menjadi obyek pembelajaran nyata setelah menempuh pembelajaran di dalam kelas. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermutu dan mengacu pada kemajuan teknologi di masa depan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, keterampilan bermasyarakat, membentuk kepribadian agar menjadi mahasiswa yang bermoral, cendekiawan, dan menjaga nama baik almamater. Dalam pelaksanaan PPL di SMK N 1 Kasihan ini seluruh mahasiswa diminta untuk belajar mengajar secara nyata di instansi tersebut. Dalam perencanaan pelaksanaan PPL mahasiswa Pendidikan Seni Tari dibagi untuk mengampu beberapa mata pelajaran, diantaranya mata pelajaran Tari Yogyakarta Putri, Tari Surakarta, Olah Tubuh, Seni Budaya, dan Rias Busana. Perencanaan pelaksanaan PPL meliputi mengikuti pengajaranb Micro Teaching, pembekalan PPL, dan pembuatan RPP. Dalam jangka waktu 1 bulan mahsiswa dituntut untuk mempergunakan waktu yang ada semaksimal mungkin untuk belajar secara nyata bagaimana peranan guru dalam instansi resmi, dalam jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Hasil yang dicapai adalah mahasiswa Pendidikan Seni Tari dapat memasuki kelas dari mata pelajaranmata pelajaran yang telah ditentukan dan dapat memaksimalkan waktu yang diberikan oleh pihak kampus untuk mengaplikasikan apa yang didapat di kampus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31992

Actions (login required)

View Item View Item