LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMK NEGERI 1 KASIHAN BANTUL

Muhammad, Mustaghfirin (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMK NEGERI 1 KASIHAN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu Mustaghfirin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) di Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan.Program PPL adalah program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik, maka tanggung jawab seorang mahasiswa setelah menyelesaikan tugas dikampus adalah mentransfer, mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dari kampus pada calon peserta didik. Adapun Visi dan Misi dalam kegiatan PPL ini dilaksanakan, Visi sebagai proses pembentukan bagi calon pendidik yang profesional. Sedangkan Misi PPL adalah menyiapkan dan menghasilkan calon pendidik atau guru yang memiliki sikap baik, nilai moral, pengetahuan yang luas, dan keterampilan dalam menguasai materi maupun peserta didik, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang dikuasainya kedalam praktik keguruan dan praktik kependidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) adalah langkah awal dimana calon guru diberikan kesempatan secara nyata, bertahap serta sistematis dalam mengenal lapangan dalam menerapkan tugas berbagai pengetahuan, keterampilan, dan wawasan serta nilai uang dikuasai dari berbagai mata kuliah ke dalam kondisi yang sebenarnya.Pengenalan lapangan dan penerapan berbagai kemampuan tersebut perlu dilakukan sebab pada dasarnya pembentukan kemampuan keguruan tidak dapat dilakukan dengan penguasaan secara teoritis saja, tetapi perlu diaplikasikan ke dalam bentuk praktik pembelajaran kelas secara nyata di lapangan. Tujuan kegiatan program PPL adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31988

Actions (login required)

View Item View Item