Mangesa, Riana T. (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Bidang Kelistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-riana-t-mangesa-08702261001.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menemukan model pembelajaran berbasis kompetensi bidang kelistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); (2) menghasilkan perangkat model pembelajaran yang valid dan layak dipergunakan pada model pembelajaran berbasis kompetensi bidang kelistrikan di SMK; (3) mengetahui ke efektifan dan kepraktisan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kompetensi di SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Secara konseptual dan prosedur, penelitian dan pengembangan dilakukan merujuk pada model Plomp (1997) dan model SCID (2008) yang diringkas dalam empat tahapan: pengkajian awal, desain, realisasi dan uji coba. Prosedur pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan kompetensi dari dunia kerja kelistrikan, kebutuhan pembelajaran dari sekolah. Pengidentifikasian kompetensi melalui teknik DACUM (Developing A Curriculum) dengan 14 belas ahli dari pekerjaan spesifik kelistrikan. Selanjutnya dilakukan FGD dengan melibatkan praktisi pendidikan untuk merumuskan profil kompetensi, dalam bentuk SKKD yang dijadikan sumber dalam merancang instruksional dan komponen model pembelajaran. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh pakar dan guru. Penilaian pertama dilakukan melalui uji validasi oleh ahli materi, ahli pendidikan teknologi kejuruan, ahli peneliti dan evaluasi. Penilaian kedua oleh guru-guru, pada dua kali pelaksanaan uji coba, yang dilaksanakan di empat SMK yaitu; SMKN 5, SMKN 3 di Makassar dan SMKN 1 Pallangga dan SMK Teknologi di Gowa. Untuk menentukan tingkat reliabilitas dan konsistensi kesepakatan antar penilai, dilakukan analisis Coeffisien Cohen’s Kappa melalui paket program SPSS for Windows 15.0. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran berbasis kompetensi bidang kelistrikan (model PBK Bidang Kelistrikan) di SMK. (2) Produk pengembangan perangkat pembelajaran pada model PBK Bidang Kelistrikan adalah RPP, modul-modul pembelajaran dan perangkat evaluasi dalam bentuk rubrik penskoran.(3) Hasil uji model PBK Bidang Kelistrikan menunjukkan kriteria efektif, dan praktis dipergunakan, karena terjadi proses belajar yang aktif, tujuan pembelajaran tercapai dan siswa secara individu memperoleh nilai rerata melebihi nilai kriteria minimal kelulusan (KMK).
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, pembelajaran berbasis kompetensi, bidang kelistrikan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 05:56 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31983 |
Actions (login required)
View Item |