EVALUASI KOMPETENSI GURU DAN KUALITAS LULUSAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 1 YAPEMDA SLEMAN TAHUN AJARAN

NURUL HIDAYATI, RAHMADITA (2016) EVALUASI KOMPETENSI GURU DAN KUALITAS LULUSAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 1 YAPEMDA SLEMAN TAHUN AJARAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMADITA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMK Yapemda 1 Sleman. Penelitian ini mempunyai 4 tujuan utama yakni evaluasi Konteks, Input, Proses dan Produk. Evaluasi pertama yakni Konteks dengan melihat aspek-aspek kebutuhan guru untuk menunjang Kompetensi dasar serta kebutuhan apa saja untuk menunjang keterampilan lulusan sebagai bekal bekerja. Kedua evaluasi Input yaitu untuk mengetahui sumber daya manusia dalam hal ini adalah 4 kompetensi dasar guru, sarana prasarana penunjang dan kualifikasi yang dimiliki lulusan serta prospek lulusan masa depan Ketiga, evaluasi Proses yaitu untuk mengetahui Proses pencapaian kompetensi guru dan mutu lulusan. Keempat, yaitu evaluasi Produk yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan alumni dalam bekerja dan perusahaan terkait dan prestasi guru terkait dengan kompetensi profesionalnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif menggunakan skor standar (z-skor) yang ditransformasikan ke dalam T-skor dan selanjutnya dicocokkan dengan prototype kuadran Glickman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh prototype variabel Konteks, Input, Proses dan Produk dengan posisi CIPP ( - + + +) di kuadran II. Dengan rincian variabel Konteks memperoleh frekuensi negatif (-) variabel Input memperoleh frekuensi positif (+), variabel Proses fmemperoleh frekuensi positif (+) dan variabel Produk memperoleh frekuensi positif. (+). Berdasarkan temuan hasil penelitian ini maka dapat kita simpulkan bahwa Kompetensi Dasar Guru Akuntansi SMK Yapemda 1 Sleman termasuk dalam kategori cukup baik/kompeten. Untuk kualitas lulusan sendiri berada pada posisi CIPP ( + + + +) di kuadran I. Dengan rincian variabel Konteks positif (+) variabel masukan/ Input positif (+), variabel Proses positif (+) dan variabel Produk positif (+). Dari hasil penelitian tersebut untuk Kualitas Lulusan Program Keahlian Akuntansi termasuk dalam kategori I yakni “Sangat Berkualitas”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Dasar, Guru, SMK Yapemda 1 Sleman, CIPP, Lulusan, Kualitas, Kuadran Glickman, Evaluasi.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31981

Actions (login required)

View Item View Item