PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA SUB KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM KOPLING DI SMK MA’ARIF 1 NANGGULAN

Rubiyo, - (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA SUB KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM KOPLING DI SMK MA’ARIF 1 NANGGULAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rubiyo_08504245003.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya minat belajar adalah kurang tepatnya penerapan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu dibutuhkan satu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu diantaranya adalah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi sub kompetensi perbaikan sistem kopling di SMK Ma’arif 1 Nanggulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 Nanggulan dengan jumlah 110 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Random Assigment. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu satu kelas XI O2 sebagai kelas kontrol dan satu kelas XI O3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Validitas intrumen ini melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan mengujicobakan instrumen (validitas empiris). Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Spearman Brown. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung lebih besar ttabel yaitu sebesar 2,048 > 1,699 dengan perolehan rerata nilai minat kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 78,06 > 66,75. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran demonstrasi memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item