Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem solving pada Pembelajaran Materi Himpunan Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas VII

Susanti, Usi (2016) Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem solving pada Pembelajaran Materi Himpunan Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-usi-susanti-14709251019.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan problem solving ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian dipilih secara acak, dari delapan kelas yang ada terpilih dua kelas yaitu VII A dan VII B. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen I diajar dengan pendekatan CTL dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II diajar dengan pendekatan problem solving. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar dan angket kepercayaan diri siswa. Koefisien reliabilitas untuk instrument tes prestasi belajar adalah 0,740, sedangkan untuk angket kepercayaan diri adalah 0,850. Data dianalisis menggunakan one sample t-test yakni digunakan untuk menyelidiki keefektifan pendekatan CTL dan problem solving; dan Multivariate Analysis of Variance (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan keefektifan antara pendekatan CTL dan problem solving. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL dan problem solving masing-masing efektif ditinjau dari prestasi belajar, tetapi tidak efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa pada pembelajaran materi himpunan kelas VII. Untuk perbedaan keefektifan, hasil temuan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan CTL dan problem solving ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning (CTL), problem solving, prestasi belajar, kepercayaan diri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:08
Last Modified: 09 May 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31978

Actions (login required)

View Item View Item