Perbandingan Kompetensi Mengajar antara Guru IPS yang Belum dan yang Sudah bersertifikat pendidik di Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone

Anwar, Anwar (2016) Perbandingan Kompetensi Mengajar antara Guru IPS yang Belum dan yang Sudah bersertifikat pendidik di Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anwar-14705251031.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone, untuk mengetahui: kompetensi mengajar guru yang sudah dan yang belum bersertifikat pendidik. Dan perbedaan kompetensi mengajar antara guru yang telah dan belum bersertifikat pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian semua guru SMP Negeri se-Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone berjumlah 73 orang yang tersebar di 5 sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket, Instrumen berupa lembar observasi dan angket yang sudah terstandar untuk mengukur kinerjsa guru. Data hasil penelitian dianalisis dengan rumus t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi mengajar guru di SMP Negeri Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone yang telah bersertifikat pendidik, lebih tinggi daripada yang belum bersertifikat pendidik, menurut peneliti (skor=81,71) dan menurut siswa (skor=93,17). Bagi guru yang belum bersertifikat pendidik berada pada kategori cukup, menurut peneliti (skor=76,3) menurut siswa (skor=79,2). Khusus pada guru IPS yang sudah bersertifikat pendidik berada pada kategori tinggi, baik menurut peneliti (skor=3.55) maupun menurut siswa (skor=3,61). Bagi guru IPS yang belum bersertifikat pendidik berada pada kategori cukup, baik menurut peneliti (skor=2,74) maupun menurut siswa (skor=2,90). (2) Terdapat perbedaan kompetensi mengajar yang signifikan antara guru yang sudah dan belum bersertifikat pendidik menurut peneliti t hitung =6,641 > t tabel=-1,994. Menurut siswa yaitu t hitung 8,99 > t tabel -1,994. Khusus guru IPS, terdapat perbedaan kompetensi mengajar yang signifikan antara guru yang sudah dan belum bersertifikat pendidik. Menurut peneliti yaitu t hitung =4,41 > t tabel=-2,160. Menurut siswa yaitu t hitung 5,72 > t tabel -2,160. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penilaian peneliti dan hasil penilaian siswa terhadap kompetensi mengajar guru, yang bersertifikat t hitung= -1,82 > t tabel = -1,994 yang belum bersertifikat t hitung= -1,611 t tabel > -1,994. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penilaian peneliti dan siswa terhadap kompetensi mengajar guru IPS, yang bersertifikat t hitung= -0,67 > t tabel = –1,397 yang belum bersertifikat t hitung= -1.06 t tabel >0,257.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Sertifikasi Guru, Pembelajaran
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:31
Last Modified: 09 May 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31971

Actions (login required)

View Item View Item