Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Energi pada Pemanfaatan Pembangkit Listrik Mikrohidro (PLTMH) di Daerah Terpencil untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Penguasaan Konsep Siswa SMP Negeri 1 Rampi Sulsel

Megawati, Desak Made (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Energi pada Pemanfaatan Pembangkit Listrik Mikrohidro (PLTMH) di Daerah Terpencil untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Penguasaan Konsep Siswa SMP Negeri 1 Rampi Sulsel. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-desak-made-megawati-14708259022.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) kriteria perangkat pembelajaran materi energi pada pemanfaatan pembangkit listrik mikrohidro di daerah terpencil yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan Konsep Siswa, dan (2) keefektipan perangkat pembelajaran materi energi pada pemanfaatan pembangkit listrik mikrohidro di daerah terpencil untuk meningkatkan keterampilan proses penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model 4D yang meliputi langkah define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik non tes menggunakan lembar validasi produk, lembar angket respon siswa terhadap keterbacaan LKS, lembar observasi pelaksanaan RPP dan lembar observasi keterampilan proses siswa, dan (2) teknik tes menggunakan lembar soal penguasaan konsep. Kelayakan silabus, RPP, LKS dan lembar observasi keterampilan proses dianalisis secara kualitatif berdasarkan Tabel klasifikasi empat kategori. Validitas butir soal yang diujicobakan dianalisis dengan korelasi product moment. Reliabilitas instrumen pilihan ganda dianalisis dengan KR-20. Pada uji coba terbatas pelaksanaan perangkat pembelajaran dianalisis secara kualitatif dengan lima kategori dan keterbacaan LKS dianalisis secara kualitatif dengan empat kategori. Pada ujicoba lapangan dianalisis berdasarkan nilai post-test, uji Hotelling’s Trace, Mann Whitney-U dan uji t satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan perangkat pembelajaran materi energi pada pemanfaatan PLMH di daerah terpencil termasuk kategori sangat baik untuk silabus, RPP dan LKS sedangkan untuk lembar observasi termasuk kategori baik, penilaian penguasaan konsep yang berbentuk tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir valid dan reliabel yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan konsep siswa; (2) penerapan perangkat pembelajaran materi energi pada pemanfaatan PLMH di daerah terpencil efektif untuk meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan konsep siswa SMP Negeri 1 Rampi Sulsel

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, PLTMH, keterampilan proses, penguasaan konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:11
Last Modified: 09 May 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31970

Actions (login required)

View Item View Item