Khasanah, Khafidhatul (2016) Strategi Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-khafidhatul-khasanah-13703251014.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konsep pendidikan berbasis budaya Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul, dan (2) strategi implementasi pendidikan berbasis budaya Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan April 2015. Subyek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling terdiri atas Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Bina Program, Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Dasar dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kepala sekolah dan guru SD Sendangsari Pajangan, SD 1 Trirenggo dan SD 1 Petir Piyungan Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif dari Miles & Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini menemukan, pertama: Konsep pendidikan berbasis budaya adalah seluruh pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya dan menjadikan kearifan lokal sebagai raw input, media, sekaligus orientasi pendidikan dalam rangka menggali nilai-nilai luhur budaya yang telah hidup dan tumbuh secara turun temurun untuk diaktualisasikan kembali dalam pendidikan. Kedua: Strategi implementasi pendidikan berbasis budaya Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul terdiri dari: (a) merumuskan rencana program pendidikan berbasis budaya, (b) melibatkan stakeholders dalam proses penyusunan rencana implementasi pendidikan berbasis budaya, (c) menetapkan rencana strategis dan operasional, (d) menyusun strategi implementasi pendidikan berbasis budaya untuk Tingkat Satuan Pendidikan, (e) melakukan sosialisasi pendidikan berbasis budaya, (f) meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, dan (g) mempersiapkan sarana prasarana untuk menunjang implementasi Pendidikan Berbasis. Implementasi pendidikan berbasis budaya pada tingkat satuan pendidikan adalah mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam kurikulum sekolah dalam bentuk kurikulum terpadu dan kurikulum mandiri (single subject matter), dan melaksanakan kegiatan budaya dalam bentuk ekstra kurikuler dan kegiatan rutin serta insidental
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Implementasi, Pendidikan Berbasis Budaya |
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 03:01 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 04:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31968 |
Actions (login required)
View Item |