HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KETEPATAN SERVIS BACKSPIN TENIS MEJA PESERTA EKSTRAKULIKULER DI SD PUJOKUSUMAN I YOGYAKARTA

Reza Mazda Heru Basuki (2016) HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KETEPATAN SERVIS BACKSPIN TENIS MEJA PESERTA EKSTRAKULIKULER DI SD PUJOKUSUMAN I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Reza Mazda Heru Basuki.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah pelaksanaan pelatihan tenis meja di SD Pujokusuman I Yogyakarta belum ditunjang keterampilan penguasaan teknik dasar seperti melakukan servis. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan koordinasi mata tangan dengan ketepatan servis backspin tenis meja peserta ekstrakulikuler di SD Pujokusuman I Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta ekstrakurikuler siswa SD Pujokusuman I Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian adalah tes koordinasi mata-tangan yang bersumber dari Ismaryati (2009: 54), dengan nilai validitas tes sebesar “0,898” berkategori “Sangat Tinggi” dan tes akurasi servis backspin yang bersumber dari Ayu Agustya Heryuninditha (2014: 26), dengan nilai validitas tes sebesar “0,809” berkategori “Sangat Tinggi”. Analisis data adalah melakukan pengujian hipotesis yang telah diajukan menggunakan teknik Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan ketepatan servis backspin tenis meja peserta ekstrakulikuler di SD Pujokusuman I Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Koordinasi Mata-Tangan, Servis Backspin, Tenis Meja, Ekstrakurikuler, Siswa SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31965

Actions (login required)

View Item View Item