PENGETAHUAN PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA GURU PENJAS SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2015/2016

Iksan Saadullah (2015) PENGETAHUAN PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA GURU PENJAS SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Iksan Saadullah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Penjasorkes beresiko mendatangkan cedera. Guru Penjasorkes merupakan orang utama yang bertanggungjawab jika terjadi cedera dalam pembelajaran penjasorkes. Untuk itu guru penjasorkes harus mempunyai pengetahuan dalam pencegahan dan perawatan cedera. Beberapa guru Penjasorkes SD se-Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo jika terjadi cedera saat pembelajaran belum dapat melakukan tindakan sesuai prosedur yang benar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru Penjasorkes SD se Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo dalam pencegahan dan perawatan cedera dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes SD se Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo yang berjumlah 22 guru . Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru dalam pencegahan dan perawatan cedera yang terjadi dalam proses pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar se-Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo Tahun 2015/2016 termasuk dalam kategori sedang. Dengan persentase sebesar 0,00% (0 siswa) termasuk dalam kategori sangat baik, baik, 13,64% (3 siswa), 45,45% (10 siswa) termasuk dalam kategori sedang, 31,82% (7 siswa) termasuk dalam kategori termasuk dalam kategori kurang, 9,09% (2 siswa) adalah termasuk dalam kategori kurang sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pencegahan dan perawatan cedera
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31963

Actions (login required)

View Item View Item