TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN PRIBADI SISWA KELAS III DI SD NEGERI TRIHARJO SLEMAN DENGAN PENDEKATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK POSTER

Mursinah (2015) TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN PRIBADI SISWA KELAS III DI SD NEGERI TRIHARJO SLEMAN DENGAN PENDEKATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK POSTER. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Mursinah NIM. 13604227042.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah ada beberapa siswa kelas III SD Negeri Triharjo Sleman yang masih belum paham dalam menjaga kesehatan pribadinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui besarnya tingkat pengetahuan kesehatan pribadi siswa kelas III di SD Negeri Triharjo Sleman Dengan Pendekatan Media Pembelajaran Berbentuk Poster. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu pengetahuan kesehatan pribadi. Populasi penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Triharjo Sleman sejumlah 34 siswa. Instrumen dalam bentuk teknik tes tertulis dengan model tes obyektif dan hasilnya berupa skor yang bersumber dari Ganda Saputra (2015: 28). Teknik pengumpulan data dengan observasi penilaian hasil belajar kesehatan pribadi. Analisis data yang digunakan dalam penilaian hasil belajar siswa menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan kesehatan pribadi siswa kelas III di SD Negeri Triharjo Sleman dengan pendekatan media pembelajaran berbentuk poster, untuk kategori “baik sekali” sebanyak 16 siswa atau sebesar 47,05%; kategori “baik” sebanyak 14 siswa atau sebesar 41,18%; kategori “sedang” sebanyak 4 siswa atau sebesar 11,77%; kategori “kurang” sebanyak 0 siswa atau sebesar 0 %; dan kategori “kurang sekali” sebanyak 0 siswa atau sebesar 0 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kesehatan Pribadi, Siswa SD, Media Poster
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31960

Actions (login required)

View Item View Item