MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Rizki Dwi Prasetya (2015) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi format PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Prestasi ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 4 Yogyakarta sangat luar biasa dan pastinya diperlukan penerapan manajemen yang baik, namun penerapan manajemen di ekstrakurikuler futsalnya masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 4 Yogyakarta, yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah koordinator kegiatan ekstrakurikuler sekolah berjumlah satu orang, pelatih kepala futsal berjumlah satu orang, asisten pelatih berjumlah satu orang dan dua siswa anggota ekstrakurikuler futsal. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model analisis interaktif meliputi : pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 4 Yogyakarta adalah perencanaan berjalan sesuai harapan pelatih kepala, pengorganisasian tidak ada tumpang tindih dalam proses pelaksanaan tugas, penggerakan sesuai instruksi pelatih kepala, pengawasan standar pelatihan dan hasil dari latihan tetap terjaga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: manajemen, ekstrakurikuler futsal, SMA Negeri 4 Yogyakarta
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31959

Actions (login required)

View Item View Item