PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMP SE-KABUPATEN BANJARNEGARA

Andyka Ristianto Saputro (2015) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMP SE-KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Andyka Ristianto Saputro.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya fakta di lapangan yang menunjukan guru pendidikan jasmani SMP di Kabupaten Banjarnegara dalam proses pembelajaran senam lantai masih banyak yang belum menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi persepsi guru pendidikan jasmani terhadap media gambar dalam pembelajaran senam lantai di SMP se-Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan instrumen skala psikologi. Teknik pengumpulan data dengan memberikan skala psikologi kepada guru pendidikan jasmani seluruh SMP di Kabupaten Banjarnegara. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di SMP se-Kabupaten Banjarnegara sebanyak 40 guru. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Momen dan uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach melalui SPSS 16 for windows, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,936. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap media gambar dalam pembelajaran senam lantai di SMP seKabupaten Banjarnegara adalah: sebanyak 3 guru (7,5%) mempunyai persepsi dengan kategori sangat tinggi, sebanyak 5 guru (12,5%) mempunyai persepsi dengan kategori tinggi, sebanyak 22 guru (55%) mempunyai persepsi dengan kategori sedang, dan 8 guru (20%) mempunyai persepsi dengan kategori rendah dan sebanyak 2 guru (5%) dengan kategori sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar persepsi guru pendidikan jasmani terhadap media gambar dalam pembelajaran senam lantai di SMP se-Kabupaten Banjarnegara berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru Penjas, Media Gambar, Pembelajaran Senam Lantai.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31958

Actions (login required)

View Item View Item