PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KELAS IV SD 1 CEPOKOJAJAR KABUPATEN BANTUL

Hidayati, Kunthi (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KELAS IV SD 1 CEPOKOJAJAR KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Kunthi Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada kelas IV Sekolah Dasar 1 Cepokojajar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas sebagai observer. Desain penelitian menggunakan Model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga komponen, yaitu perencanaan (plan), tindakan dan pengamatan (act and observe), dan refleksi (reflect). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 1 Cepokojajar yang berjumlah 23 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Pengumpulan data dilaksanakan dengan lembar observasi dan catatan lapangan. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement dengan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkat keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA yang dilaksanakan diluar kelas (outdoor activity) dengan pembagian kelompok dan memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase keaktifan siswa setiap siklusnya. Presentase keaktifan siswa pada pra tindakan sebesar 0%. Pada siklus I terjadi peningkatan keaktifan siswa dari 0% menjadi 52,17% sebesar 52,17%. Pada siklus II terjadi peningkatan dari 52,17% menjadi 78,26% sebesar 34,79%. Dengan demikian, penelitian menyimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungaan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan keaktifan siswa terutama pada pembelajaran IPA. Kata kunci : keaktifan siswa,lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31947

Actions (login required)

View Item View Item