PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PROGRAM KAMPUNG RAMAH ANAK "KAMBOJO” DI KAMPUNG TEGAREJO, KECAMATAN TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA

Erma Kusumawardani, Erma (2016) PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PROGRAM KAMPUNG RAMAH ANAK "KAMBOJO” DI KAMPUNG TEGAREJO, KECAMATAN TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Erma Kusumawardani_1202244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kegiatan dalam program kampung ramah anak “Kambojo” melalui kegiatan partisipatif pemuda (2) pemberdayaan pemuda melalui program kampung ramah anak “Kambojo”. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian yaitu aktivitas pemuda di RW 05. Informan dalam penelitian ini adalah pemuda-pemudi dan tokoh masyarakat. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai narasumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) bentuk kegiatan dalam program meliputi a) program kampung ramah anak “Kambojo” b) penyelenggaraan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pendampingan c) faktor pendukung penyelenggaraan kegiatan, adanya dukungan dari masyarakat, sarana dan prasarana yang memadai serta ide kreatif dari penggurus. Sedangkan faktor penghambat, banyaknya kegiatan anak di luar kampung. (2) Pemberdayaan pemuda meliputi a) alasan keterlibatan pemuda yaitu kesamaan hobi, kepedulian terhadap masyarakat, kesadaran diri, batu loncatan ke jenjang pendidikan, kesiapan kerja, dan sebagai bentuk ibadah b) pemberdayaan pemuda dilihat dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga pengembangan c) faktor pendukung keterlibatan pemuda, adanya kesadaran diri dan dukungan dari penggurus RW dan tokoh masyarakat. Sedangkan faktor penghambat, perbedaan waktu luang para pemuda d) dampak dari pemberdayaan pemuda ini dilihat dari kecakapan personal, kecakapan akademik, kecakapan vokasional dan kecakapan sosial. Kata kunci: Pemberdayaan, Keterlibatan Pemuda, Kampung Ramah Anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31935

Actions (login required)

View Item View Item