HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SD GUGUS II PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Nurazizah, Khikmah Fitriani (2016) HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SD GUGUS II PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Khikmah Fitriani Nurazizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat intensitas membaca, (2) mengetahui tingkat keterampilan menulis narasi, (3) mengetahui hubungan antara intensitas membaca dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD gugus II Pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD gugus II. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple ramdom sampling dengan jumlah sampel 65 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Uji validitas menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil perhitungan menunjukkan tingkat intensitas membaca secara umum berada pada kategori sedang yaitu sebesar 55,38% dan keterampilan menulis narasi secara umum berada pada kategori sedang yaitu sebesar 60%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan harga koefisien korelasi (r hitung)>r tabel (0,617>0,244) dengan taraf signifikansi sebesar 5% dan N=65. Harga koefisien korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara intensitas membaca dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD gugus II Pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2015/ 2016. Hal ini berarti semakin tinggi intensitas membaca maka semakin tinggi pula keterampilan menulis narasi siswa. Kata kunci: intensitas membaca, keterampilan menulis narasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31930

Actions (login required)

View Item View Item