Gilang Febri Susanto, Gilang (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMENUHI HAK PENDIDIKAN ANAK DI RW 01 JLAGRAN YOGYAKARTA(Studi Kasus Kampung Ramah Anak). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
SKRIPSI.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Partisipasi masyarakat dalam memenuhi hak pendidikan anak. (2) Faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Setting penelitian di RW 01 Jlagran. Informan penelitian ini adalah tokoh masyarakat yang diperkuat informasi dari warga dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif metode interaktif yang meliputi: reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk memperoleh kebsahan data dengan check, dan cross-check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Partisipasi masyarakat didasari alasan karena adanya kepedulian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan anak. Bentuk partisipasi yang diberikan yaitu moril, finansial, pengawasan, dan tenaga. Partisipasi masyarakat bermanfaat pada timbulnya motivasi belajar anak dan perhatian mayarakat. (2) Faktor pendukung partisipasi masyarakat meliputi, adanya tim pemantau Jam Belajar Masyarakat (JBM), penyediaan fasilitas, dukungan warga dalam program Kampung Ramah Anak (KRA), serta dukungan pemerintah. Faktor penghambat partisipasi meliputi faktor ekonomi masyarakat, rendahnya pendidikan masyarakat, kurangnya sosialisasi Kampung Ramah Anak (KRA), sedikitnya warga yang menjadi tim pemantau Jam Belajar Masyarakat. Kata kunci: Partisipasi masyarakat, Hak pendidikan anak
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 01:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31929 |
Actions (login required)
View Item |