PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV DI SD NEGERI NGEBUNG BERAN PANJATAN KULON PROGO

Wiranti, Retno (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV DI SD NEGERI NGEBUNG BERAN PANJATAN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Retno Wiranti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS(Two Stay Two Stray)terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas IV SD N Ngebung Beran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD N Ngebung Beran yang berjumlah 41 siswa. Kelompok eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (Two Stay Two Stray), sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru yaitu tanya jawab, diskusi dan penugasan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, yang didukung dengan uji-t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (Two Stay Two Stray) terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas IV SD N Ngebung Beran. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil perhitungan skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 86,35 lebih tinggi daripada kelompok kontrol sebesar 79,1. Berdasarkan hasil uji-t (t-test) diperoleh nilai t hitung 3,325 lebih besar dari t tabel sebesar 2,023 (3,325 > 2,023) dan nilai signifikansi sebesar 0,02 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05 pada taraf 5% (0,02<0,05). Berdasarkan hasil uji-t (t-test) tersebut, dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (Two Stay Two Stray) terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas IV SD N Ngebung Beran. Kata kunci: kooperatif tipe TS-TS(Two Stay Two Stray), Sikap Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31928

Actions (login required)

View Item View Item