KORELASI REGULASI DIRI DAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 3 KECAMATAN PENGASIH

Elsola, Dini Annisa Nurbaety (2016) KORELASI REGULASI DIRI DAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 3 KECAMATAN PENGASIH. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dini Annisa Nurbaety Elsola.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Motivasi berprestasi menjadi salah satu syarat untuk mengoptimalkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi regulasi dan konsep diri baik secara parsial maupun simultan dengan motivasi berprestasi peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodeex postfacto. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD se-gugus 3 Kecamatan Pengasih yang berjumlah 114peserta didik. Sampel terdiri dari 88 peserta didikyang ditentukan dengan teknik proportional randomsampling menggunakan rumus Isaac and Michael. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala Likert untuk mengumpulkan data regulasi diri, konsep diri, dan motivasi berprestasi peserta didik. Instrumen penelitian telah diujicobakan kepada 26 peserta didik. Validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement dan menghitung denganmetode corrected item total correlation. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linieritas, normalitas, dan multikolinieritas. Uji hipotesis data menggunakan teknik analisis korelasiparsial, korelasi ganda, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat korelasi signifikan antara regulasi diri secara parsial dengan motivasi berprestasi sebesar 0,363 dan sumbangan efektifnya 19,87%; 2) terdapat korelasi signifikan antara konsep diri secara parsial dengan motivasi berprestasisebesar 0,676 dan sumbangan efektifnya 54,23%; dan 3) terdapat korelasi signifikan antara regulasi diri dan konsep diri secara simultan dengan motivasi berprestasi sebesar 0,861 dan sumbangan efektifnya 74,1%. Kata kunci: regulasi diri, konsep diri, motivasi berprestasi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:00
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31925

Actions (login required)

View Item View Item