LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Praktik Mengajar Mata Pelajaran Produktif dengan Kompetensi Kejuruan “Gambar Teknik” SMK NEGERI 1 SEDAYU Alamat: Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta

Rahmad Novi Wibawa, Rahmad Novi Wibawa (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Praktik Mengajar Mata Pelajaran Produktif dengan Kompetensi Kejuruan “Gambar Teknik” SMK NEGERI 1 SEDAYU Alamat: Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN-PPL-12504241038-RAHMAD NOVI WIBAWA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan adalah memeberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga. Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Negeri 1 Sedayu Bantul dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015, penyusun diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Gambar Teknik”. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh mahasiswa PPL adalah gabungan dari ceramah, diskusi, tanyajawab dan penugasan. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyusun materi ajar, praktik mengajar mandiri, menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari dan melaksanakan administrassi guru, memberikan penugasan dan evaluasi serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna di kemudian hari. Dari keempat kelas yang diampu oleh mahasiswa PPL, kelas A memiliki karakter yang pendiam dan mudah dikontrol. Kelas B memiliki karakter anak yang aktif dan mudah dikontrol. Kelas C memiliki karakter anak yang aktif dan mudah diatur. Sedangkan Kelas D memiliki karakter anak-anak yang sangat aktif dan suka membuat gaduh. Untuk mensiasati perbedaan karakter tiap kelas maka, mahasiswa PPL memberikan selingan candaan dan motivasi akan pentingnya materi yang dipelajari dan Gambar Teknik sangat berguna serta sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga siswa tidak bosan dan tetap fokus mendengarkan penjelasan serta mengerjakan penugasan dari guru. Penyusun menghimbau SMK Negeri 1 Sedayu untuk menambah sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar, kedisiplinan guru, karyawan, dan siswa juga ditingkatkan, selain itu penyusun juga menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas bimbingannya terhadap mahasiswa PPL, sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Gambar Teknik, SMK Negeri 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 08:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31919

Actions (login required)

View Item View Item