LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA Alamat: Pos Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753

Aditya Tricahyo Wibowo, Aditya Tricahyo Wibowo (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA Alamat: Pos Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN-PPL-12503244002-ADITYA TRICAHYO WIBOWO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PPL/ magang III merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa. Tujuan kegiatan PPL/ magang III adalah sebagai program pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun langsung di kelas menjadi seorang pendidik dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka pengembangan kompetensi calon pendidik. Sesuai dengan Visi PPL/ magang III yaitu menjadi wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Dengan program ini mahasiswa disiapkan menjadi tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan profesional sesuai dengan misi PPL/ magang III. Dalam pelaksanaan PPL/ magang III yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sedayu ini dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan administrasi guru yang meliputi: rpp, progam tahunan, program semester, dll. Mata pelajaran yang diampu adalah Teknik Pengelasan SMAW dan OAW kelas XI TPB. Alokasi waktu tatap muka 8 jam pelajaran. KBM berjalan lancar, walaupun sesekali terdapat kendala dalam mengatasi siswa yang cenderung “aktif” (sulit di atur dan ramai sendiri). Dari kegiatan PPL/ magang III ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatanhambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 1 Sedayu
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 26 Apr 2016 08:49
Last Modified: 26 Apr 2016 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31915

Actions (login required)

View Item View Item