PEMAKAIAN TINGKAT TUTUR BAHASA JAWA OLEH AKTIFIS MASJID AL MUJAHIDIN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Prambodo, David Hery (2015) PEMAKAIAN TINGKAT TUTUR BAHASA JAWA OLEH AKTIFIS MASJID AL MUJAHIDIN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
David Hery Prambodo_07205241027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PEMAKAIAN TINGKAT TUTUR BAHASA JAWA OLEH AKTIFIS MASJID AL MUJAHIDIN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) Oleh David Hery Prambodo NIM 07205241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tingkat tutur bahasa Jawa dan faktor-faktor yang melatarbelakangi pemakaian tingkat tutur bahasa Jawa serta fungsi pemakaian tingkat tutur bahasa Jawa aktifis masjid Al Mujahidin UNY Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Setting penelitian ini adalah komplek masjid Al Mujahidin UNY. Fokus penelitian ini adalah pemakaian tingkat tutur bahasa Jawa oleh pengurus masjid Al Mujahidin UNY. Metode pengambilan data diperoleh dengan menggunakan metode simak, dengan kedua teknik lanjutan teknik simak libat cakap dan teknik simak bebas libat cakap. Teknik selanjutannya adalah teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dengan menggunakan teknik padan ekstralingual. Beberapa rangkaian data mencangkup penyajian data, kategorisasi, dan inferensi. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini terkait dengan jenis tingkat tutur dan faktor-faktor yang melatarbelakangi pemakaian tingkat tutur bahasa Jawa serta fungsi pemakaian tingkat tutur bahasa Jawa aktifis masjid Al Mujahidin UNY. Jenis tingkat tutur yang ditemukan dalam tuturan aktifis masjid Al Mujahidin UNY yaitu; (a) ngoko lugu, (b) ngoko alus, (c) krama lugu, dan (d) krama alus. Faktorfaktor yang mempengaruhi pemakaian tingkat tutur bahasa Jawa aktifis masjid Al Mujahidin UNY yaitu; (a) setting and scene, (b) participants, (c) ends, (d) act sequence, (e) key, (f) instrumentalities, (g) norms of interaction and interpretation, dan (h) genre. Fungsi bahasa yang ditemukan dalam pemakaian tingkat tutur bahasa Jawa aktifis masjid Al Mujahidin UNY yaitu; (a) emotif, (b) referensial, (c) fungsi putik, (d) fungsi fatik, dan (e) fungsi konatif. Kata kunci: tingkat tutur, bahasa Jawa, aktifis

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat tutur, bahasa Jawa, aktifis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:54
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31908

Actions (login required)

View Item View Item