UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR TOLAK PELURU GAYA LINEAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 NUSAMANGIR, KECAMATAN KEMRANJEN, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Eko Kurniawan (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR TOLAK PELURU GAYA LINEAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 NUSAMANGIR, KECAMATAN KEMRANJEN, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Eko Kurniawan_12604227063.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya penguasaan gerak dasar tolak peluru gaya linear pada siswa kelas V SD Negeri 2 Nusamangir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar tolak peluru gaya linear dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 2 Nusamangir, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan siswa kelas V sejumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang diambil oleh peneliti dan kolabolator dengan mengunakan lembar pengamatan perilaku siswa dalam pembelajaran dan rubrik penilaian gerak dasar tolak peluru gaya linear. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa setelah diberi tindakan ketuntasan belajar siklus pertama pertemuan pertama naik 8,33% dari kondisi awal. Pada siklus pertama pertemuan kedua naik 37.50% dari pertemuan pertama. Pada siklus kedua naik 16,67% dari siklus pertama pertemuan kedua atau naik 62,50% dari kondisi awal. Peningkatan ketuntasan belajar tersebut, peneliti mempunyai keyakinan bahwa melalui pendekatan bermain sangatlah membantu proses pembelajaran tolak peluru gaya linear.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, tolak peluru gaya linear dan pendekatan bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31904

Actions (login required)

View Item View Item