TINGKAT KEMAMPUAN FOREHAND GROUNDSTROKES DAN BACKHAND GROUNDSTROKES SISWA SEKOLAH TENIS MENOREH TENNIS CLUB, HANDAYANI TENNIS CLUB DAN BANTUL TENNIS CAMP

Erman Sulistyatna (2015) TINGKAT KEMAMPUAN FOREHAND GROUNDSTROKES DAN BACKHAND GROUNDSTROKES SISWA SEKOLAH TENIS MENOREH TENNIS CLUB, HANDAYANI TENNIS CLUB DAN BANTUL TENNIS CAMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknik forehand groundstrokes dan backhand groundstrokes merupakan salah satu teknik yang sangat penting dalam permainan tenis lapangan. Petenis kebanyakan kalah angka karena tidak menguasai teknik forehand groundstrokes dan backhand groundstrokes dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan forehand groundstrokes dan backhand groundstrokes pada siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dyer Tennis Test. Validitas instrumen antara 0,8 sampai 0,90 dan reliabilitas instrumen adalah 0,90. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp yaitu sebanyak 32 siswa dengan rincian laki-laki berjumlah 20 siswa dan perempuan berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan forehand groundstrokes siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp berkategori “sedang”, secara rinci sebanyak 2 siswa (6,25%) berkategori baik sekali, 5 siswa (15,63%) berkategori baik, 15 siswa (46,87%) berkategori sedang, 8 siswa (25%) berkategori kurang dan 2 siswa (6,25%) rendah. Pada kemampuan backhand groundstrokes siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp dapat diketahui dengan kategori “sedang”, dengan rincian sebanyak 2 siswa (6,25%) berkategori baik sekali, 8 siswa (25%) berkategori baik, 12 siswa (37,5%) berkategori sedang, 8 siswa (25%) berkategori kurang dan 2 siswa (6,25%) berkategori rendah. Sedangkan pada tingkat kemampuan forehand groundstrokes dan backhand groundstrokes siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp dapat diketahui dalam berkategori “sedang”, dengan rincian sebanyak 2 siswa (6,25%) berkategori baik sekali, 5 siswa (15,63%) berkategori baik, 15 siswa (46,87%) berkategori sedang, 8 siswa (25%) berkategori kurang dan 2 siswa (6,25%) rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Forehand Groundstrokes, Backhand Groundstrokes, siswa sekolah tenis, Dyer Tennis Test
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item