PENGARUH PUSH-UP DENGAN TEMBOK DAN PUSH-UP DENGAN BANGKU TERHADAP PASSING ATAS BOLA VOLI SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 2 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

Arifin (2015) PENGARUH PUSH-UP DENGAN TEMBOK DAN PUSH-UP DENGAN BANGKU TERHADAP PASSING ATAS BOLA VOLI SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 2 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Belum diketahuinya latihan yang efektif untuk meningkatkan passing atas bola voli di SMP N 2 Pleret Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh push-up dengan tembok terhadap kemampuan passing atas bola voli, (2) mengetahui pengaruh push-up dengan bangku terhadap kemampuan passing atas bola voli, (3) mengetahui pengaruh yang lebih efektif antara push-up dengan tembok dan push-up dengan bangku terhadap kemampuan passing atas bola voli siswa putra peserta ekstrakurikuler SMP N 2 Pleret. Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yang di gunakan yaitu pretest- posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli usia 13-15 tahun dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga seluruh anggota populasi dijadikan subjek penelitian. Pembagian kelompok dalam penelitian ini dengan cara ordinal pairing yaitu setelah hasil tes awal diranking kemudian subjek yang memiliki prestasi dipasang-pasangkan ke dalam dua kelompok kemudian diberi perlakukan. Untuk kelompok I latihan push-up dengan tembok dan kelompok II latihan push-up dengan bangku. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) latihan push-up dengan tembok terhadap kemampuan passing atas, diketahui t hitung = 5,842 lebih besar dari t tabel = 1,782 dengan demikian ada pengaruhnya latihan push-up dengan tembok terhadap kemampuan passing atas, (2) latihan push-up dengan bangku terhadap kemampuan passing atas, diketahui t hitung = 9,410 lebih besar dari t tabel = 1,782 dengan demikian ada pengaruhnya latihan push-up dengan bangku terhadap kemampuan passing atas, (3) latihan push-up dengan tembok dan latihan push-up dengan bangku terhadap kemampuan passing atas, diketahui t hitung = 2,449 lebih besar dari t tabel = 1,711 artinya latihan push-up dengan bangku lebih efektif dari pada latihan push-up dengan tembok dalam meningkatkan kemampuan passing atas bola voli siswa putra peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 2 Pleret bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Push-up dengan tembok, Push-up dengan bangku, Passing atas, Bola voli.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31899

Actions (login required)

View Item View Item