MOTIVASI SISWA SMK DIPONEGORO DEPOK DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW

SUNTONO (2015) MOTIVASI SISWA SMK DIPONEGORO DEPOK DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Belum diketahuinya tingkat motivasi siswa SMK Diponegoro Depok dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw membuat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat motivasi siswa SMK Diponegoro Depok dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Diponegoro Depok yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw berjumlah 42 siswa. Instrumen yang digunakan skala likert, dengan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.959. Uji validitas menggunakan rumus product moment dari Karl Pearson dengan butir pernyataan semula 45 butir dan gugur 6 butir pernyataan, sehingga butir pernyataan yang sahih adalah 39 butir. Analisis data digunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa SMK Diponegoro Depok dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw terdiri atas faktor motivasi intrinsik dan faktor motivasi ekstrinsik. Diketahui motivasi intrinsik siswa berada pada kategori sedang sebesar (40,48%), dan motivasi ekstrinsik siswa berada pada kategori sedang sebesar (38,10%). Sedangkan motivasi keseluruhan siswa pada kategori sangat tinggi sebesar (7,14%), pada kategori tinggi sebesar (19,05%), pada kategori sedang sebesar (45,24%), pada kategori rendah sebesar (23,8%), dan pada kategori sangat rendah sebesar (4,76%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi siswa SMK Diponegoro Depok dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw secara keseluruhan berada pada kategori sedang (45,24%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi, ekstrakurikuler, sepak takraw.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31896

Actions (login required)

View Item View Item