PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SD NEGERI JERUKSARI WONOSARI GUNUNGKIDUL

Widiani, Ninu (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SD NEGERI JERUKSARI WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ninu Widiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Jeruksari Wonosari Gunungkidul dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jeruksari yang berjumlah 14 siswa. Desain PTK yang digunakan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan catatan harian. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keaktifan siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan catatan harian. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi, catatan harian keaktifan siswa, dan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran CPS oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CPS dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri Jeruksari. Persentase jumlah siswa yang berhasil mencapai indikator keberhasilan penelitian pada pra tindakan 0%, siklus I/1 hanya 7,14%, siklus I/2 menjadi 28,57%. Hasil pengamatan keaktifan siklus I belum berhasil mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu >75% siswa memperoleh skor akhir >2,66 sehingga perlu dilanjutkan penelitian tindakan siklus II. Pada siklus II/1 64,29% siswa kemudian siklus II/2 menjadi 100%. Penelitian tindakan siklus II berhasil mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga tidak perlu dilaksanakan penelitian tindakan lanjutan. Kata kunci : model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), keaktifan siswa, PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31894

Actions (login required)

View Item View Item