LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Lokasi : SMK NEGERI 1 SEDAYU, BANTUL Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta

IZZATUL IKHSAN, IZZATUL IKHSAN (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Lokasi : SMK NEGERI 1 SEDAYU, BANTUL Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL-125042421034-IZZATUL IKHSAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan di sebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa sebelum memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sedayu, yang beralamatkan di Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Pada pelaksanaan PPL praktikan mengampu kelas X TKRC, X TKRD, XI TKRA dan XI TKRB pada mata diklat Teknik Dasar Otomotif dan Chasis. Pada mata diklat Teknik Dasar Otomotif (TDO) praktikan mengampu empat Kompetensi Dasar diantaranya; (1) Memahami dasar-dasar mesin. (2) Menerapkan perhitungan dasar-dasar mesin. (3) Memahami proses dasar pembentukan logam. (4) Menerapkan proses dasar pembentukan logam. Sementara untuk mata diklat Chasis praktikan hanya mengampu kompetensi dasar system transmisi. Pembelajaran ini dilaksanakan selama satu bulan atau kurang lebih lima kali pertemuan. Hasil kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas, baik di kelas teori maupun di kelas praktik. PPL juga berfungsi untuk memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar ataupun dalam praktik kependidikan lainya sehingga mahasiswa dapat mengembangkan dengan lebih baik kemampuan dan keterampilannya tersebut. Pada pelaksanaan kegiatan PPL ini tidak terlepas dari hambatan-hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK N 1 Sedayu, PPL 2015, TDO, Chasis, TKR.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31893

Actions (login required)

View Item View Item