Pengembangan Modul Pembelajaran Kompetensi Kejuruan Teknik Pemesinan CNC SMK

Wijanarka, Bernardus Sentot (2012) Pengembangan Modul Pembelajaran Kompetensi Kejuruan Teknik Pemesinan CNC SMK. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-bernardus-sentot-wijanarka-08702261010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pelaksanaan pembelajaran kompetensi kejuruan teknik pemesinan CNC di SMK dalam meningkatkan kompetensi siswa, (2) menghasilkan modul pembelajaran teknik pemesinan CNC untuk proses pembelajaran di SMK yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan (3) menganalisis fisibilitas dan keefektivan modul dan pembelajaran kompetensi kejuruan teknik pemesinan CNC hasil pengembangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian yang digunakan ialah design and development research menurut Richey dan Klein yang meliputi dua tahap pengembangan yaitu: (1) pengembangan produk secara komprehensif, dan (2) proses pengembangan komponen produk. Proses validasi dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi internal dan validasi eksternal. Validasi internal dilakukan terhadap komponen-komponen modul dengan menggunakan peer review dan focus group discussion, sedangkan validasi eksternal dilakukan dengan uji coba penggunaan modul. Proses validasi melibatkan 24 partisipan yang terdiri dari: pakar bidang studi pemesinan CNC, pakar pendidikan kejuruan, pakar managemen bengkel, guru SMK, dan siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan pada pelaksanaan uji coba ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran kompetensi kejuruan teknik pemesinan CNC di empat lokasi penyelenggara pembelajaran teknik pemesinan CNC menunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan belum dapat meningkatkan kompetensi siswa sesuai SKKD; (2) telah dihasilkan modul pembelajaran teknik pemesinan CNC yang memiliki karakteristik: dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri maupun kelompok, terdiri dari lima materi yang diurutkan sesuai dengan pengoperasian mesin CNC, pada setiap materi diakhiri dengan soal latihan dan tugas sesuai dengan tujuan masing-masing materi; (3) modul dan pembelajaran hasil pengembangan fisibel dan efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum berbasis kompetensi. Tiga buah standar kompetensi serta KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) bisa dicapai oleh siswa setelah menerapkan modul dan pembelajaran hasil pengembangan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, kejuruan, CNC
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:16
Last Modified: 27 Sep 2022 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31888

Actions (login required)

View Item View Item