PENGARUH LATIHAN BOX SKIP TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI PESERTA EKSTRAKURIKULER KARATE DI SMP N 1 KALASAN SLEMAN

Rosalita Annaningdyas (2016) PENGARUH LATIHAN BOX SKIP TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI PESERTA EKSTRAKURIKULER KARATE DI SMP N 1 KALASAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa peserta ekstrakurikuler karate diSMP Negeri 1 Kalasan saat menendang masih belum tepat pada sasaran danmasih bisa ditangkis oleh lawan saat latihan maupun saat pertandingan. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan box skip terhadap power otottungkai siswa peserta ekstrakurikuler karate di SMP N 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-test post-test control group design, teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikulerkarate di SMP N 1 Kalasan yang berjumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian inidiambil secara purposive sampling dengan ketentuan umur 13-15 tahun, dan sudah pernah bertanding yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian ini berupates keterampilan diukur menggunakan Standing Broad Jump dengan reliabilitas sebesar 0,92 dan validitas sebesar 0,92 (Didi Waluyo Jati, 2007: 26-28). Teknikanalisis data menggunakan analisis Uji Wilcoxon match pairs test dan sebelumyatelah diuji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, nilai z hitung diperoleh -3.943dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.005. Nilai rata-rata hasil Standing BroadJump awal atau pretest untuk sebesar 207.80, sedangkan posttest naik menjadi214.90. Dengan demikian latihan box skip berpengaruh terhadap peningkatan power otot tungkai siswa peserta ekstrakurikuler karate di SMP N 1 KalasanSleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: box skip, power otot tungkai, karate
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31885

Actions (login required)

View Item View Item