LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA Alamat: Pos Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753

Megafiestiana Widiyastuti, Megafiestiana Widiyastuti (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA Alamat: Pos Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL-12503241038-MEGAFIESTIANA WIDIYASTUTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun langsung di kelas menjadi seorang pendidik. Program PPl diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dalam rangka pengembangan kompetensi calon pendidik. Sesuai dengan Visi PPL yaitu: menjadi wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional berwawasan global. Dengan program ini diharapkan juga mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapatkan dan dikuasai selama kuliah secara interdisipliner ke dalam sekolah atau lembaga pendidikan. Di samping itu program PPL diharapkan mampu meningkatkan mengembangkan kemampuan dan wawasan mahasiswa calon guru sehingga lebih siap dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kependidikan, serta merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat sekolah. Sebelum melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Sedayu yang dimulai pada tanggal 10Agustus 2015 sampai 12 September 2015 mahasiswa praktikan harus menempuh serangkaian prosedur yang berlaku, yaitu: harus lulus mata kuliah wajib Micro Teaching (Pengajaran Mikro), observasi lapangan, observasi kelas, observasi lingkungan, serta mengikuti pembekalan yang diadakan jurusan masingmasing mahasiswa. Tahap akhir dari kegiatan PPLini yaitu penyusunan Laporan Kegiatan PPL mulai dari persiapan (observasi) sampai evaluasi. Dari hasil program PPl ini secara umum, siswa SMK N 1 Sedayu memiliki semangat belajar yang cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berlangsung di dalam kelas (teori) dan di bengkel (praktik). Dalam hal ini praktikan memperoleh kesempatan mengajar di kelas X TPA dan TPC, dengan mengampu mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi, di kelas X TPC mata pelajaran Teknologi Mekanik dan kelas XI TPD dengan mata pelajaran Gambar teknik. KBM di SMK 1 Sedayu berjalan dengan lancar, walaupun tidak sedikit terdapat kendala dalam mengatasi siswa yang cenderung sulit di atur. Program PPL di SMK N 1 Sedayu dapat berjalan dengan lancar yaitu berkat upaya kerjasama yang baik antara mahasiswa praktikan, dosen pembimbing, guru pembimbing, karyawan, siswa, serta teman-teman PPL. Semua program yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat pada waktunya, yaitu sebelum proses penarikan masa PPL dilaksanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL Universitas Negeri Yogyakarta, SMK Negeri 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31883

Actions (login required)

View Item View Item