Reni Dikawati, Reni Dikawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1SEDAYU ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA 10 AGUSTUS – 14 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
RENI DIKAWATI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa disekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional dan bagus dalam bergaul dengan masyarakat sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sedayu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar dikelas mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015. Praktikan mengajar mata pelajaran Sejarah di tujuh kelas X yaitu XA2, XA4, XS1, XS2, XS3, XS5 dan AYA 1. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran dikelas. Kegiatan diluar kelas meliputi, piket guru upacara. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar sebanyak 18 kali mengajar. Selama melaksanakan pembelajaran tidak ditemui kendala yang berat, semuanya masih bisa dikendalikan. Selain itu mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/administrasi untuk mengajar serta selalu mengadakan evaluasi setelah selesai melakukan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa, PPL, dan Praktik mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 06:16 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |