Nibras Isty Putri, Nibras Isty Putri (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 14 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk Argomulyo, Sedayu, Bantul – Yogyakarta 55753 Telp/Fax (0274) 798487. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
NIBRAS ISTY PUTRI.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas perkuliahan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah micro teaching serta lulus dari batas mnimal yang telah ditentukan. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh pihak universitas sebagai upaya untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa mengenai segala hal tentang kependidikan baik yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini di antaranya yaitu untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional serta kompeten baik dalam hal keilmuan, keterampilan, social maupun kepribadian. Kegiatan PPL yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sedayu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 dan berakhir pada tanggal 10 September 2015. Praktkan mengajar mata pelajaran Fisika di kelas XI MIPA 3 sebanyak 9 kali tatap muka terbimbing. Selama melaksanakan pembelajaran tidak ditemui kendala yang berat, permasalahan-permasalahan yang ada masih dapat dikendalikan. Selain itu mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat administrasi pembelajaran serta dievaluasi pasca melakukan kegiatan tatap muka terbimbing. Adapun perangkat pembelajaran yang telah dibuat yaitu perhitungan waktu, program tahunan (PROTA), program semester (PROSEM), RPP satu semester, serta perangkat ulangan harian yang meliputi kisi-kisi soal, indicator soal, soal ulangan, analisis hasil ulangan, analisis butir soal, kartu soal dan perangkat program remedial & pengayaan. Selain praktik mengajar di kelas, mahasiswa melakukan praktik persekolahan yang meliputi piket salam & sidak pintu gerbang, piket ruang BK dan piket laboratorium. Pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan ini telah memberikan pengalaman nyata kepada praktikan. Praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama duduk di bangku kuliah. Hubungan yang baik antara pengelola universitas, sekolah dan mahasiswa praktikan sangat diperlukan untuk membentuk sinergisitas kerja yang baik serta mendukung terwujudnya tujuan yang hendak dicapai oleh masing-masing pihak
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mahasiswa, mengajar, PPL, praktik |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 06:07 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31874 |
Actions (login required)
View Item |