LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 LOKASI : Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Sedayu Alamat : Jalan Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, D.I. Yogyakarta

Mufti Khoirunnisa, Mufti Khoirunnisa (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 LOKASI : Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Sedayu Alamat : Jalan Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, D.I. Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MUFTI KHOIRUNNISA.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dilaksanakan secara terpadu mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 14 September 2015 yang memiliki tujuan guna memperoleh suatu pengalaman sewaktu berada di lapangan tempat praktik sebenarnya. Dengan adanya praktik tersebut, maka mahasiswa khususnya praktikan akan memperoleh dan memiliki suatu pengalaman sewaktu diterjunkan ke lapangan tempat praktik yang untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dari pembekalan teori dari bangku perkuliahan sehingga dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan atau bekal dalam melaksanakan praktik di lapangan. Program kegiatan PPL Terpadu ini memiliki sasaran yaitu peserta didik yang berada di ruang lingkup sekolah dan lembaga pendidikan di sekolah. Praktikan pada kegiatan PPL Terpadu ini mendapatkan tempat di SMA N Sedayu, Bantul. Kegiatan PPL Terpadu ini memiliki tujuan untuk pelaksanaan program individu serta guna mendapatkan suatu pengalaman mengenai proses pembelajaran dan metode pembelajaran dan metode pembelajaran, serta proses kegiatan yang berkaitan erat dalam dunia kependidikan guna dijadikan sebagai suatu bekal untuk menjadi seorang calon tenaga kependidikan atau guru yang dapat memiliki nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan keprofesionalan yang cukup tinggi. Sebelum pelaksanaan program kegiatan PPL dilakukan persiapan terlebih dahulu dengan praktik pembelajaran “Micro Teaching” di bangku perkuliahan. Sedangkan sebelum pelaksanaan program PPL terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi ke lapangan yaitu sekolah atau lembaga-lembaga kependidikan yang bersangkutan. Hasil Observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan program kerja kelompok maupun individu. Kegiatan PPL yang dilakukan oleh praktikan yaitu praktik mengajar kelas X dan kelas XI IS mata pelajaran Geografi dengan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, diskusi, dan permainan. Dengan adanya pengalaman mengajar merupakan salah satu bentuk kemampuan dan ketrampilan dalam menyampaikan kejelasan materi pembelajaran maupun menyampaikan- menyampaiakan argumentasi di depan umum sehingga sangat bermanfaat dan berguna sekali sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah dan mahasiswa khususnya praktikan guna pengembangan kompetensinya

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 06:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31873

Actions (login required)

View Item View Item