LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 LOKASI: Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Sedayu Alamat : Jalan Kemusuk Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lutfiani Allam Jati, Lutfiani Allam Jati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 LOKASI: Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Sedayu Alamat : Jalan Kemusuk Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LUTFIANI ALLAM JATI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Usaha peningkatan efesiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus dilakukan, termasuk dengan mata kuliah lapangan seperti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program kegiatan PPL dilaksanakan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru. Program-program yang diselenggarakan fokus pada komunitas internal dan eksternal sekolah yaitu warga sekolah. Salah satu lokasi pelaksanaan PPL UNY 2015 ini yaitu di SMA Negeri 1 Sedayu yang berlokasi di Jalan Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, praktikan melakukan beberapa persiapan, yaitu pengajaran mikro (micro teaching), pembekalan, serta observasi kelas di lokasi PPL. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Kegiatan PPL mencakup pembuatan perangkat pembelajaran yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media atau alat peraga yang relevan serta pemilihan model dan metode dalam pembelajaran. Selain itu, terdapat hal lain yang harus diperhatikan seperti proses pembelajaran yang terdiri dari membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, apersepsi, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk, cara evaluasi, dan menutup pelajaran. Metode yang digunakan bermacam-macam, seperti ceramah dan diskusi. Secara umum, Kegiatan PPL yang dilakukan adalah kegiatan pembelajaran di kelas. Dan mata pelajaran yang diampu oleh praktikan merupakan mata pelajaran yang sesuai dengan program studi yang ditempuh praktikan selama duduk di bangku perkuliahan. Artinya praktikan mengajar mata pelajaran Geografi. Sedangkan ketentuan mengajar bagi praktikan adalah minimal melakukan kegiatan mengajar sebanyak enam kali pertemuan. Kelas yang diampu oleh praktikan terdiri dari kelas X IIS 5 dan XI IIS 3. Dari kegiatan PPL ini, praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Kegiatan akhir PPL adalah penyusunan laporan dengan melampirkan dokumendokumen yang digunakan selama proses dan evaluasi pembelajaran seperti Silabus, RPP, daftar nilai, soal ulangan, dan foto-foto selama pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Geografi, SMA Negeri 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 06:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31872

Actions (login required)

View Item View Item