LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 SEDAYU Karanglo, Argomulya, Sedayu, Bantul, Kode Pos 55753 Yogyakarta Telp (0274) 798487 10 Agustus – 12 September 2015

Ihwayati, Ihwayati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 SEDAYU Karanglo, Argomulya, Sedayu, Bantul, Kode Pos 55753 Yogyakarta Telp (0274) 798487 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IHWAYATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk menguji kompetensi mahasiswa kependidikan dalam mengajar sekaligus sebagai proses latihan untuk menjadi guru yang profesional. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini, mahasiswa dapat berlatih mengembangkan kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan professional sebagai calon pendidik bangsa. Mahasiswa akan terjun secara langsung di dunia pendidikan yang sebenarnya. Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sedayu yang berlokasi di Karanglo, Argomulyo, Sedayu, Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di kelas sebanyak 6 kali praktik mengajar terbimbing dan kegiatan persekolahan lain yang berkaitan dengan pelajaran ataupun di luar mengajar. Pelaksanaan program kegiatan praktik mengajar yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sedayu secara umum sudah berjalan dengan baik. Pihak sekolah, guru pembimbing, siswa, dan praktikan dapat bekerjasama dengan baik sehingga dapat tercipta alur kerja yang teratur serta suasana yang kondusif dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Praktikan mendapat berbagai pengetahuan dan pengalaman terutama dalam hal kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan PPL ini memberi manfaat dan pelajaran berharga tentang bagaimana menjadi seorang guru yang baik. Guru yang tidak hanya mengajarkan ilmu tetapi juga harus bisa memahami dan menghadapi siswa dengan latar belakang dan masalah yang berbeda. Dengan adanya kegiatan PPL, mahasiswa dapat belajar cara mengajar, mengelola kelas, dan mendidik siswa sesuai dengan konteks dan masalahnya. Mahasiswa juga belajar menjalin hubungan yang baik dengan siswa, guru, dan warga sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMA Negeri 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31868

Actions (login required)

View Item View Item