PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEER ACCEPTANCE SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 3 KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Istikomariah, - (2016) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEER ACCEPTANCE SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 3 KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Istikomariah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena adanya fenomena penggunaan media sosial yang tinggi di kalangan anak dan perilaku bullying yang dilakukan anak di media sosial. Adanya perilaku bullying menandakan bahwa ada anak yang kurang diterima dalam pergaulan teman sebaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap peer acceptance siswa kelas V SD se-Gugus 3 Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Gugus 3 Kecamatan Gondokusuman yang berjumlah 250 siswa. Sampel terdiri dari 146 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan media sosial terhadap peer acceptance dengan signifikansi 0.000 (< 0.05). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,323 yang berarti bahwa media sosial memberikan kontribusi 32,3% peer acceptance dan selebihnya67,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Besarnya koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,569 pada rentang 0,40-0,599 yang berarti korelasi variabel X dan Y tergolong sedang. Selanjutnya ditemukan bahwa intensitas penggunaan media sosial siswa kelas V SD se-Gugus 3 Kecamatan Gondokusuman termasuk dalam kategori tinggi sebesar 37,67%, sedangkan peer acceptance siswa yang berada dalam kategori tinggi sebesar 60,96%. Kata kunci: intensitas penggunaan media sosial, peer acceptance, SD se-Gugus 3 KecamatanGondokusuman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2016 04:48
Last Modified: 30 Jan 2019 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31862

Actions (login required)

View Item View Item