PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PAIRED STORYTELLING SISWA KELAS VA SD NEGERI DEMAKIJO 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Permana, Tiara Ajeng (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PAIRED STORYTELLING SISWA KELAS VA SD NEGERI DEMAKIJO 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tiara Ajeng Permana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan berbicara menggunakan model paired storytelling siswa kelas VA SD Negeri Demakijo 1 Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Demakijo 1 Sleman Yogyakarta dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VA SD Negeri Demakijo 1 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini yaitu keterampilan berbicara siswa kelas VA. Desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan model spiral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) tes, 2) observasi dan 3) dokumentasi. Teknik anaisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan model paired storytelling dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan keterampilan berbicara siswa kelas VA SD Negeri Demakijo 1. Peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara pada siklus I, setelah melaksanakan praktik bercerita secara berpasangan siswa menjadi lebih berani dan aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pada siklus II peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara terlihat dari siswa yang dapat berbicara dengan baik, kreatif dalam mengembangkan cerita, berani melakukan tanya jawab, dan lebih percaya diri melaksanakan praktik menceritakan kembali isi cerita. Peningkatan keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 16,51, yang kondisi awal 57,40 meningkat menjadi 73,91, dan pada siklus II meningkat sebesar 5,55, yang kondisi awal 73,91 meningkat menjadi 79,46. Kata kunci: keterampilan berbicara, model paired storytelling, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31858

Actions (login required)

View Item View Item