PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SE-KECAMATAN PANDAK BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Artikawati, Rinta (2016) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SE-KECAMATAN PANDAK BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rinta Artikawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi terhadap prestasi belajar siswa SD Kelas IV Se-Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan variabel bebas keterampilan guru mengadakan variasi dan variabel terikat prestasi belajar siswa yang dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 541 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 213 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan dokumentasi. Skala Psikologi digunakan untuk mengumpulkan data tentang keterampilan guru mengadakan variasi, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan keterampilan guru mengadakan variasi terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri kelas IV se-Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linear sederhana yaitu t hitung sebesar 3,005 dan t tabel pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 didapat ttabel sebesar 1,960. T hitung sebesar 3,005 > t tabel sebesar 1,960. Sumbangan variabel keterampilan guru mengadakan variasi terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 4,1%. Kata kunci: keterampilan guru mengadakan variasi, prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2016 04:15
Last Modified: 30 Jan 2019 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31856

Actions (login required)

View Item View Item