HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP PERAN ORANG TUA DALAM MENGATUR BELAJAR DAN BERMAIN ANAK DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III SD NEGERI SE GUGUS I KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

Khotimah, Pratiwi Khusnul (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP PERAN ORANG TUA DALAM MENGATUR BELAJAR DAN BERMAIN ANAK DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III SD NEGERI SE GUGUS I KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Pratiwi Khusnul Khotimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur belajar anak dengan hasil belajar kognitif 2) hubungan antara persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur bermain anak dengan hasil belaar kognitif 3) hubungan antara persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur belajar dan bermain anak dengan hasil belajar kognitif siswa kelas III SD Negeri se gugus I Kecamatan Kotagede Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 114 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala psikologi dan dokumentasi rata-rata nilai raport semester ganjil. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sehingga diperoleh 27 butir valid dari 37 butir dan hasil reliabilitas sebesar 0,900 untuk skala persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur belajar anak dan untuk skala persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur bermain anak diperoleh 23 butir valid dari 30 butir dan hasil reliabilitas sebesar 0,923. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan korelasi ganda (multiple correlation). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat hubungan antara persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur belajar anak dengan hasil belajar kognitif. Hal itu ditunjukkan oleh rhitung = 0,579 dan p = 0,000 (0,000 < 0,05); 2) Terdapat hubungan antara persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur bermain anak dengan hasil belajar kognitif. Hal itu ditunjukkan oleh rhitung = 0,450 dan p = 0,000 (0,000 < 0,05); 3) Terdapat hubungan antara persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur belajar anak bermain anak dengan hasil belajar kognitif siswa kelas III SD Negeri se gugus I Kecamatan Kotagede Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal itu ditunjukkan oleh Rhitung = 0,584; Rtabel = 0,176 dengan sumbangan efektif persepsi anak terhadap peran orang tua dalam mengatur belajar dan bermain anak dengan hasil belajar kognitif siswa sebesar 32,9%, yang berarti masih ada sumbangan efektif sebesar 67,1 % berasal dari faktor lain. Kata Kunci: persepsi anak, peran orang tua, belajar, bermain, hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2016 04:11
Last Modified: 30 Jan 2019 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31855

Actions (login required)

View Item View Item