Keefektifan pembelajaran bangun ruang sisi lengkung antara metode eksperimen dan problem solving ditinjau dari kemampuan ketrampilan proses, dan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Handayawati, Ponco (2016) Keefektifan pembelajaran bangun ruang sisi lengkung antara metode eksperimen dan problem solving ditinjau dari kemampuan ketrampilan proses, dan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ponco-handayawati-12709259032(1).swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan keefektifan pembelajaran bangun ruang sisi lengkung dengan metode eksperimen dan Problem Solving ditinjau dari kemampuan ketrampilan proses dan prestasi belajar matematika Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian mencakup semua siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2014 -2015. Sampel dipilih dua kelas dari populasi, yaitu kelas IX-A dan kelas IX-B. Kelas IX-A diberi perlakuan dengan metode eksperimen dan kelas IX-B dengan metode Problem Solving. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengukur kemampuan ketrampilan proses adalah dengan tes uraian 5 butir soal dan untuk prestasi belajar adalah tes pilihan ganda dengan 20 butir soal. Bukti validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Untuk mengetahui keefektifan metode eksperimen dan metode problem solving pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji t-test one sample pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan metode eksperimen dan metode problem solving, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji two group manova pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode eksperimen dan metode problem solving efektif ditinjau dari kemampuan ketrampilan proses dan prestasi belajar matematika, 2) metode eksperimen lebih efektif ditinjau dari dari kemampuan ketrampilan proses dan prestasi belajar matematika dibandingkan dengan metode problem solving

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, metode problem solving, kemampuan ketrampilan proses, prestasi belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 26 Apr 2016 04:01
Last Modified: 26 Apr 2016 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31852

Actions (login required)

View Item View Item