Indri Astuti, Danti (2016) PENGARUH PERGAULAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PARAKAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
SKRIPSI FULL_12803241031_DANTI INDRI ASTUTI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pergaulan Kelompok Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016, 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016, 3) Pengaruh Pergaulan Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 132 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, dengan rumus Slovin diperoleh sampel sejumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilakukan pada 32 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Kelompok Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan rx1y= 0,421; r2x1y= 0,177; thitung 4,592; ttabel 1,985 pada taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan rx2y= 0,655; r2x2y= 0,429; thitung 8,589; ttabel 1,985 pada taraf signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016, dengan Ry(1,2)= 0,702; R2y(1,2) = 0,492; Fhitung 47,045; Ftabel 3,090, pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan relatif Pergaulan Kelompok Teman Sebaya sebesar 22,24% dan Sumbangan efektifnya sebesar 10,94%. Sumbangan relatif Motivasi Belajar sebesar 77,76%. dan Sumbangan efektifnya sebesar 38,26%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pergaulan Kelompok Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 03:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |