LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 14 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul – Yogyakarta 55753 Telp/Fax (0274) 798487

Gilar Lukmaintoro, Gilar Lukmaintoro (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 14 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul – Yogyakarta 55753 Telp/Fax (0274) 798487. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
GILAR LUKMIANTORO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah perguruan tinggi yang mencetak tenaga pendidik yang handal dan profesional. Program yang diadakan oleh UNY dalam rangka mencetak tenaga kependidikan yang professional adalah melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang terdiri dari mengajar, mempersiapkan materi dan media pembelajaran, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), manajemen pengelolaan kelas. Dalam praktik mengajar untuk mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman, diberi kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas X MIPA 4, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar yang akan berguna untuk pekembangan keterampilan mengajar yang dimilikinya. Karakter peserta didik tipa kelas yang berbeda, menuntut mahasiswa untuk dapat mengendalikan dan mengelola kelas dengan baik sehingga kegiatan belajar mengajar dapt terlakana sesuai dengan tujuan awal pembelajaran. dalam kegiatan PPL, banyak hasil yang didapatkan, diantaranya adalah pengalaman nyata mengajar, pengalaman dalam mempersiapkan materi dan media pembelajaran, serta pengalaman dalam membuat RPP. Dalam praktek ini, mahasiswa juga belajar dalam mengelola kelas, seperti mengendalikan situasi dan kondisi kelas saat berlangsungnya proses KBM. Selain pengalaman yang berhubungan dengan kegiatan mengajar di kelas, mahasiwa juga belajar untuk saling bekerjasama antar tim PPL UNY dan juga dengan tim PPL kampus lain untuk mewujudkan sekolah yang nyaman. Praktik PPL adalah pengalaman yang perlu mahasiswa tempuh untuk menyelesaikan studi S1 nya sehingga dalam pelaksanaan PPL mahasiswa harus benar – benar bisa bekerja sama dengan pihak sekolah dan DPL PPL, DPL pamong sehingga tujuan dari PPL benar-benar terwujud. LPPMP sebagai wadah penghubung antara kesemuanya harus bisa menjembatani hubungan baik antara pihak sekolah dan universitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, UNY, SMA Negeri 1 Sedayu.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31849

Actions (login required)

View Item View Item