Potensi Lokal Jepara Sebagai Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik

Anisa, Aries (2016) Potensi Lokal Jepara Sebagai Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aries-anisa-14708259012.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap kewirausahaan peserta didik SMP, dan (2) mengetahui kefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap kewirausahaan peserta didik SMP. Penelitian ini termasuk Research and Development dengan model 4D. Langkah pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini: (1) tahap pendefinisian (Define) yang bertujuan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat pembelajaran dalam perangkat yang dikembangkan, (2) tahap perencanaan (Design) berupa draf perangkat pembe lajaran berbasis potensi lokal Jepara yang terdiri atas RPP, LKPD, dan instrumen penilaian, (3) tahap pengembangan (Develop), dilakukan dengan dua langkah utama, yakni penilaian ahli (expert appraisal) yang diikuti dengan revisi dan uji coba pengembangan (developmental testing), dan (4) tahap penyebaran (Disseminate), merupakan tahap penggunaan perangkat yang telah dikembangkan pada skala yang lebih luas. Setelah uji coba lapangan, produk perangkat pembelajaran direvisi, kemudian hasil revisi terakhir siap dicetak dan disebarluaskan secara terbatas pada guru IP A di sekolah tempat penelitian, sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan lebih lanjut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) validasi produk yang dilakukan menyataka n bahwa perangkat pembelajaran IP A berbasis potensi lokal Jepara hasil pengembangan telah layak dengan masing- masing berada dalam kategori sangat baik: RPP pada skor rerata 3,86; LKPD pada skor rerata 3,75; dan instrumen penilaian pada skor rerata 3,86, (2) perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis maupun sikap kewirausahaan peserta didik SMP Negeri 1 Bangsri kabupaten Jepara. Potensi lokal pembuatan gerabah di kecamatan Mayong dan mebel Jepara di kecamatan Mlonggo dalam pembelajaran IP A membuat peserta didik belajar lebih interaktif tentang materi IPA dari pelaku wirausaha secara langsung, membuat peserta didik kreatif, dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna, serta memberikan pemahaman yang mendalam, sehingga mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap kewirausahaan. Hasil tersebut juga ditunjukkan berdasarkan uji one-way MANOVA dan uji t pada skor gain standar yang diperoleh

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, potensi lokal, keterampilan berpikir kritis, sikap keiwrausahaan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:41
Last Modified: 09 May 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31844

Actions (login required)

View Item View Item