MENINGKATKAN KEMAMPUAN POWER OTOT TUNGKAI MELALUI LATIHAN PLYOMETRIC DEPTH JUMP MODIFICATION PADA PESILAT REMAJA PUTRA PERGURUAN SILAT PERSINAS ASAD SLEMAN

Gomang Genurianto (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN POWER OTOT TUNGKAI MELALUI LATIHAN PLYOMETRIC DEPTH JUMP MODIFICATION PADA PESILAT REMAJA PUTRA PERGURUAN SILAT PERSINAS ASAD SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Gomang Genurianto-(NIM.12601241073)-PJKR-FIK UNY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesilat remaja putra perguruan silat Persinas ASAD Sleman masih belum mempuyai kemampuan power otot tungkai yang baik, belum ada variasi latihan dan belum bisa mengoptimalkan kemampuan power otot tungkainya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui latihan plyometric depth jump modification dapat meningkatkan kemampuan power otot tungkai pesilat remaja putra perguruan silat Persinas ASAD Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu atau pre-eksperimental, penelitian ini termasuk dalam one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah pesilat remaja putra perguruan silat Persinas ASAD Sleman yang berjumlah 24 orang dan sampelnya berjumlah 15 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes standing board jump. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired sample test). Hasil analisis menunjukan bahwa: ada pengaruh yang signifikan antara latihan menggunakan plyometric depth jump modification terhadap peningkatan kemampuan power otot tungkai pesilat remaja putra perguruan silat Persinas ASAD Sleman. Dari data uji t dapat dilihat bahwat t hitung (21,465) > t table (2,145) maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kemampuan power otot tungkai. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 10.34%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, plyometric depth jump modification, power otot tungkai
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31843

Actions (login required)

View Item View Item