LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP NEGERI 1 JETIS TAHUN 2015

Susi Hartini, Susi Hartini (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP NEGERI 1 JETIS TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 KATA PENGANTAR DAFTAR ISI ABSTRAK DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Lembar Pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB I.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB II .pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB III.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon guru tenaga kependidikan. PPL merupakan salah satu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga bagi saya untuk mengaplikasikan kemampuan baik secara akademis maupun praktis terutama dalam dunia pendidikan. PPL merupakan sebuah program yang diadakan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Dengan dilaksanakan PPL, diharapkan mahasiswa dapat melihat berbagai permasalahan di sekolah dan dapat memberi pemecahannya. Adapun persiapan sebelum dilaksanakannya praktik mengajar di sekolah diadakan persiapan-persiapan yakni meliputi: Pembekalan di Universitas Negeri Yogyakarta, Pengajaran Mikro, Pembekalan, Observasi dan Pembuatan Perangkat Pembelajaran. Pelaksanaan PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang dilaksanakan secara terbimbing maupun mandiri yang pada pelaksanaannya berjalan lancar. Pada kesempatan ini saya mendapatkan lokasi PPL di SMP Negeri 1 Jetis Bantul. Pelaksanaan PPL ini diharapkan memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, guru pendamping maupun peserta didik dan pihak-pihak lain yang bersangkutan. Tidak dipungkiri bahwa dalam pelaksanaannya terkadang dijumpai hambatan-hambatan. Namun dengan diadakannya evaluasi, hambatan-hambatan tersebut dapat diminimalisir. PPL yang dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 ini saya mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas VII E. Praktek mengajar yang saya lakukan berjalan dengan lancar. Dalam kesempatan mengajar tersebut saya menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah interaktif, picture and picture dan team game tournament. Meskipun mendapatkan berbagai hambatan dalam melaksanakan PPL 2015 di SMP N 1 Jetis ini, namun dapat diselesaikan dengan adanya kerjasama yang baik dengan pihak sekolah dan guru pembimbing, berbagai permasalahan yang ada dapat saya atasi dengan baik

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 1 Jetis, IPS
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31842

Actions (login required)

View Item View Item