LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 Lokasi : SMP Negeri 1 Jetis Jalan Imogiri Barat Km 11, Jetis, Bantul

Nurizal Oktaviyanto, Nurizal Oktaviyanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 Lokasi : SMP Negeri 1 Jetis Jalan Imogiri Barat Km 11, Jetis, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER, PENGESAHAN, BAB I, II, III.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa yang bergelut dibidang pendidikan untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari dikampus agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan yang lain adalah memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam realita. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. . Dalam pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Jetis mahasiswa setiap jurusan diberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran.. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi dan pelaksanaan. Proses praktek mengajar mahasiswa bukanlah secara mandiri melainkan pengajaran terbimbing oleh guru pembimbing setiap mata pelajaran. Metode yang digunakan saat pengajaran adalah metode ceramah, diskusi dan tes kinerja. Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah dilaksanakan selama satu bulan dan setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Secara umum, program kerja PPL di SMP N 1 Jetis dapat terlaksana dengan baik. Kendala dalam melaksanakan suatu program merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari, namun masih dapat di atasi. Semoga mahasiswa PPL yang akan datang bisa lebih baik lagi dan lebih siap dalam menghadapi kenyataan di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Observasi, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31841

Actions (login required)

View Item View Item