LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) DI SMP NEGERI 1 JETIS

ERNY NURAINI YENIANARTI, ERNY NURAINI YENIANARTI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) DI SMP NEGERI 1 JETIS. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 2.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 3.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon guru tenaga kependidikan. PPL merupakan salah satu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga bagi saya untuk mengaplikasikan kemampuan baik secara akademis maupun praktis terutama dalam dunia pendidikan. PPL merupakan sebuah program yang diadakan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Dengan dilaksanakan PPL, diharapkan mahasiswa dapat melihat berbagai permasalahan di sekolah dan dapat memberi pemecahannya. Untuk mencapai suatu keberhasilan program, tentulah dilaksanakan suatu persiapan. Begitu pula dengan PPL, untuk mencapai keberhasilan dan tujuan-tujuannya, maka mahasiswa melakukan berbagai persiapan sebelum dilaksanakannya praktik mengajar. Persiapan-persiapan yang dilakukan yakni meliputi: Pembekalan di Universitas Negeri Yogyakarta, Pengajaran Mikro, Pembekalan, Observasi dan Pembuatan Perangkat Pembelajaran. Pelaksanaan PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang dilaksanakan secara terbimbing maupun mandiri yang pada pelaksanaannya berjalan lancar. Pelaksanaan PPL ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Tidak dipungkiri bahwa dalam pelaksanaannya terkadang dijumpai hambatan-hambatan. Namun dengan diadakannya evaluasi, hambatan-hambatan tersebut dapat diminimalisir. Pada kesempatan PPL yang dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 ini saya mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas VIII A dan VIII B serta pemberian evaluasi yang berjumlah total sebanyak 10 kali tatap muka . Program PPL yang saya laksanakan mendapat tanggapan positif dari pihak sekolah. Kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk mahasiswa dalam rangka mengembangkan kompetensi. Oleh karena itu perlu adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak yang terkait sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Dengan adanya kerjasama yang baik dengan pihak sekolah dan guru pembimbing, berbagai permasalahan yang ada dapat saya atasi dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31837

Actions (login required)

View Item View Item