TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMPN 4 DEPOK BERDASARKAN PRESTASI BELAJAR

Mis Ido Septian Yontoro (2015) TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMPN 4 DEPOK BERDASARKAN PRESTASI BELAJAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Mis Ido Septian Yoantoro_11601241020.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga yang memiliki prestasi belajar baik tetapi tidak di dukung dengan tingkat kebugaranya. Padahal ada tiga faktor yang mempengaruhi kebugaran yaitu: makanan, olahraga dan istirahat. Dimana didalam faktor olahraga memiliki multi manfaat, yaitu siswa lebih kebal terhadap stres dan lebih berkonsentrasi, jika mereka memiliki kebugaran yang bagus maka mereka bisa meningkatkan prestasi belajarnya. Dengan latar belakang di atas peneliti bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa peserta ekstrakurikuler olahraga SMP N 4 Depok berdasarkan prestasi belajar secara umum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler olahraga yang berjumlah 37 peserta didik. Instrumen penelitian ini mengunakan tes TKJI tahun 2010 untuk usia 13-15 tahun dilihat dari prestasi belajar peserta didik. Tes TKJI untuk umur 13-15 tahun yang mempunyai nilai validitas 0,950 (putra) dan 0,923 (putri), sedangkan nilai reliabilitas 0,960 (putra) dan 0,804 (putri). Sedangkan untuk mengetahui nilai rata-rata prestasi belajar menggunakan nilai rapor.. Hasil penelitian yang telah di lakukan dapat di simpulkan , terdapat 4 siswa (10,8%) memiliki prestasi belajar bagus dengan rincian 1 siswa (25%) memiliki kebugaran “baik”, 2 siswa (50%) memiliki kebugaran “sedang”, 1 siswa (25%) memiliki kebugaran “kurang”, untuk murid dengan prestasi akademik sedang terdapat 25 siswa (67,6%) dengan rincian, 6 siswa ( 24%) memiliki kebugaran “sedang, 19 siswa (76%) memiliki kebugaran “kurang” dan untuk siswa dengan prestasi akademik kurang terdapat 8 siswa (21,6%) dengan rincian, 2 siswa (25%) memiliki kebugaran “baik”, 3 siswa (37,5%) memiliki kebugaran “sedang” dan 3 siswa (37,5%) memiliki kebugaan “kurang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, ekstrakulikuler, prestasi akademik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31834

Actions (login required)

View Item View Item